Setelah Dibunuh, Putri Candrawathi Kuasai Pin dan Password Rekening Brigadir J, Uangnya Dipakai Untuk Ini!

Ricky awalnyamenyebut rekening tabungan Yosua selama ini memang dipakai untuk membayar tagihan keperluan rumah tangga di Jakarta.

Indian
Senin, 21 November 2022 | 15:48 WIB
Setelah Dibunuh, Putri Candrawathi Kuasai Pin dan Password Rekening Brigadir J, Uangnya Dipakai Untuk Ini!
Terdakwa Ferdy Sambo peluk Putri Candrawathi pelukan (ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/aww)

Putri Candrawathi, istri Ferdy Sambo ternyata disebut-sebut yang menguasai pin dan password rekening bank almarhum Brigadir J atau Yosua. Fakta itu diungkapkan Bripka Ricky Rizal saat menjalani sidang sebagai terdakwa kasus pembunuhan terhadap Brigadir J di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Senin (21/11/2022).

Ricky awalnya menyebut rekening tabungan Yosua selama ini memang dipakai untuk membayar tagihan keperluan rumah tangga di Jakarta. Oleh sebab itu, sejumlah uang yang di rekening Brigadir J itu sengaja dipindahkan Ricky ke rekening miliknya atas perintah istri Ferdy Sambo, Putri Candrawathi.

"Yang setahu saya memang rekening atas nama Yosua itu juga untuk keperluan rumah tangga di Jakarta yang saya lakukan atas perintah Bu Putri Sambo, karena yang bersangkutan telah almarhum," ucap Ricky seperti dikutip Suara.com, Senin (21/11).

Ricky mengaku selama ini juga mengetahui password dan pin untuk membuka rekening Brigadir J. Namun begitu, dia tidak menjelaskan secara rinci siapa orang yang melakukan transfer uang senilai Rp200 juta dari rekening Yosua ke rekening miliknya.

Baca Juga:Gempa Cianjur: Dua Warga Dilaporkan Meninggal, Sejumlah Rumah Rusak Parah

"Tetapi memang di situ dicantumkan untuk password dan pin. Jadi untuk pelaksanaan transfer kita bisa lihat panduan di situ," kata dia.

Disuruh Putri Transfer Uang ke Rekening Yosua

Ricky sebelumnya, mengakui adanya pemindahan uang senilai Rp. 200 juta dari rekening milik Brigadir J atau Nofriansyah Yosua Hutabarat ke rekening miliknya.

Hal itu sampaikan dalam merespons keterangan Anita Amalia Dwi Agustina, saksi yang dihadirkan Jaksa Penuntut Umum (JPU) dalam sidang hari ini.

Ricky mengaku sudah ikut bekerja dengan Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi sejak Februari 2021. Sejak saat itu, Ricky membuka rekening atas nama dirinya untuk pengeluaran sehari-hari di rumah Sambo di Magelang, Jawa Tengah.

Baca Juga:Pemkab Mojokerto Raih Opini WTP dari Kemenkeu untuk yang ke-8 Kalinya

"Untuk rekening saya, saya akui saya ikut Pak FS dan Bu Putri sejak Februari 2021, pembukaan rekening telah disampaikan dari bulan Maret memang atas nama saya, Tetapi untuk keperluan rumah tangga di Magelang," ucap Ricky di sidang. 

Ricky pun tak menampik adanya fakta yang menyebut adanya tranfer uang dari rekening Yosua ke rekening miliknya. Transfer uang itu dilakukan atas perintah Putri Candrawathi dengan tujuan membeli keperluan rumah tangga di Jakarta.

"Benar untuk pemindahan rekening atas nama Yosua. Yang setahu saya memang rekening atas nama Yosua itu juga untuk keperluan rumah tangga di Jakarta yang saya lalukan atas perintah Bu Putri Sambo, karena yang bersangkutan telah almarhum," beber dia.

Kesaksian Pegawai BNI

Fakta pemindahan uang dari rekening milik Yosua ke rekening Ricky Rizal sebanyak Rp. 200 juta disampaikan oleh Anita Amalia Dwi Agustina, pegawai BNI Cabang Cibinong. Kata dia, uang tersebut dipindahkan sebanyak dua kali dengan nominal masing-masing Rp. 100 juta.

Amalia dalam perkara ini mengaku mendapat kuasa untuk membuka rekening terdakwa Ricky Rizal. Ketika menjalani berita acara pemeriksaan (BAP), dia ditanya penyidik terkait kegiatan transaksi di rekening milik Ricky.

"Apa yang anda ketahui dengan perkara ini?" tanya ketua majelis hakim, Wahyu Iman Santosa di ruang utama Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

"Ketika di BAP saya diberi kuasa untuk membuka data nasabah saudara Ricky Rizal," jawab Amalia.

"Ada apa dengan data nasabah RR?" lanjut hakim Wahyu.

"Ketika di BAP itu ditanyakan transaksi yang ada milik rekening Ricky Rizal," ucap Amalia.

Kepada penyidik, Amalia turut menyerahkan rekening koran Ricky sebagai barang bukti. Data dalam rekening koran tersebut menunjukkan adanya transaksi pada 11 Juli 2022 melalui aplikasi bank.

Transaksi dari rekening Yosua ke rekening Ricky tersebut terjadi sebanyak dua kali dengan nominal masing-masing Rp100 juta. Sehingga, total transaksi menjadi Rp200 juta.

"Ada pemindahan rekening atas nama yosua ke terdakwa RR sejumlah?" tanya hakim Wahyu.

"Rp100 juta sebanyak dua kali jadi total Rp200 juta," jawab Amalia.

"Itu pemindahannya pakai apa?" cecar hakim Wahyu.

"Menurut rekening keterangan identity, bisa melalui internet banking atau mobile banking atau yang melalui jaringan internet," ucap Amalia.

Meski demikian, Amalia tidak mengetahui jumlah uang terakhir yang ada di rekening milik Yosua. Pasalnya, dia tidak diberikan surat kuasa untuk membuka data rekening milik Yosua saat itu.

"Rekening J ada berapa terakhir?" tanya hakim.

"Mohon maaf yang mulia, untuk J saya tidak ada kuasa untuk membuka rekening atau data nasabahnya," ucap Amalia. (Sumber: Suara.com)

Happening

Terkini

Berdasar narasi dalam foto korban yag dikutip Suara.com, Kamis (25/11), korban disebut ditabrak oleh terduga pelaku dengan menggunakan mobil Mitsubishi Pajero.

Happening | 15:36 WIB

Aku sukanya di atas, aku gak bisa keluar kalau di bawah jarang, kata Pinkan Mambo.

Gaul | 21:08 WIB

"Aku malah suka ngambek kalau dia nonton sembunyi-sembunyi, tanpa sepengetahuanku."

Gaul | 19:11 WIB

"Berdasarkan keterangan kedokteran forensik kami menemukan feses dan ini kami harus teliti di laboratorium..."

Happening | 14:16 WIB

Berdasar narasi video itu, disebutkan jika Joe Biden ogah pergi dari Indonesia setelah menghadiri KTT G20 yang digelar di Bali.

Happening | 11:20 WIB

Saat hendak diamankan, wanita itu sempat melipat poster bertuliskan "Dijual Ginjal".

Happening | 21:39 WIB

Terdengar isak tangis dari sejumlah orang saat melihat penyelamatan anak yang berlangsung dramatis itu.

Happening | 21:22 WIB

Pada video lain, terlihat seorang perawat lalu memberikan pertolongan kepada kucing malang itu.

Happening | 20:47 WIB

Video menunjukkan S tengah berbusana seksi dan merekam dirinya sendiri sambil memperlihatkan bagian belahan dada.

Metropolitan | 11:17 WIB

Meskipun terdapat peraturan yang berubah, namun tidak ada perubahan terhadap Harga Air Baku.

Metropolitan | 19:00 WIB

Meskipun terdapat peraturan yang berubah, namun tidak ada perubahan terhadap Harga Air Baku.

Metropolitan | 17:00 WIB

"Disuruh istri, Ganti gaya rambut mulai bulan depan," tulis Ridwan Kamil.

Metropolitan | 14:57 WIB

Meskipun terdapat peraturan yang berubah, namun tidak ada perubahan terhadap Harga Air Baku.

Metropolitan | 14:30 WIB

"Karena dia nggak dicekal," kata Nia Ramadhani.

Gosip | 11:21 WIB

Selain punya 50 perusahaan, Pinkan Mambo juga mengaku mengeluarkan uang ratusan juta rupiah untuk biaya operasi plastik sang anak.

Gosip | 10:58 WIB

Emak-emak nyinyir yang menghina Dewi Perssik dan ibunda sang artis sudah bertemu di Mapolres Metro Jakarta Selatan.

Gosip | 10:55 WIB

Pandai bersilat lidah, jutek, dan keras kepala memang jadi persona Kukuh Adi selama ini.

Gosip | 10:36 WIB
Tampilkan lebih banyak